Sabtu, 31 Agustus 2013

ULANG TAHUN, UMUR BARU, DAN SEMANGAT BARU





Ulang tahun merupakan suatu periode yang datang setiap setahun. Ulang tahun memiliki makna historis yakni hari kelahiran. Melihat hal tersebut maka tidaklah jarang  momen ini selalu ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Ucapan selamat dari rang-orang tersayang baik itu keluarga, sahabat, cinta maupun teman sebaya, selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam momen ini dan tidak jarang pula rejeki selalu mengiringi dalam momen yang sangat spesial ini. Hadiah dari keluarga, cinta, maupun sahabat menjadikan momen ini sebagai kisah  spesial yang tak terlupakan.

Ulang tahun pula sering disebut sebagai hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim. Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga dan/atau teman. Hadiah sering diberikan pada orang yang merayakan ulang tahun. Pada saat seseorang ulang tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk memperlakukan seseorang secara istimewa pada hari ulangtahunnya.
Tradisi ulang tahun entah kapan ada ,berasal dari mana, dan budaya dari mana tidak banyak yang tahu. Selain hal tersebut, ulang tahun juga identik dengan hura-hura seperti pesta miras dan lain sebagainya yang sering menimbulkan citra negatif di dalam setiap perayaannya, tapi tradisi ulang tahun juga bisa menjadi sarana dengan kegiatan positif, yakni dengan intropeksi diri, saling mendoakan kebaikan dan lainnya. Makna ulang tahun bagi setiap orang  pada dasrnya sangat beragam, tergantung dari sudut mana orang memandang. 
Bagiku, ulang tahun merupakan momen yang sangat spesial untuk menumbuhkan semangat baru "dalam artian semangat yang telah ada sebelumnya ditambah kembali". Selain hal tersebut sebuah kata yag perlu kita panjatkan dalam konteks ini ialah Syukur. Iyah bersyukur tiada lain dan tiada bukan merupakan sesuatu yang wajib dan  sesuatu yang harus ditauladani, mengingat berbagai makna yang positif yang ada didalamnya. Rasa iklas dan tulus merupakan dua kata yang saling bersinergi dan menyertai di dalamnya. Oleh sebab itu, sangat spesiallah kiranya pada momen ulang tahun ini jika dalam perayaannya/penerapannya diiringi pula dengan bersyukur dengan segala yang ada. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar