Selasa, 12 November 2013

KONSEPSI ID, EGO, DAN SUPER EGO DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI



Deskripsikan, kepribadian anda sendiri  berdasarkan teori psikoanalitik Sigmund Freud, kepribadian terdiri dari tiga elemen yakni konsepsi  id, ego dan superego!

Analisis Permasalahan:
1.    Sebagai gambaran umum, konsep Id adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala energi psikis, sehingga komponen utama kepribadian.
Bertitik tolak pada konsep diatas, maka contoh kepribadian yang saya lakukan dalam hubungannya dengan teori Id ialah reflek berusaha untuk makan dan minum. Dimana ketika terjadi rasa lapar implikasi yang terjadi pada dalam tubuh yaitu timbulnya rasa lemas,  sehingga dengan segera tubuh harus melakukan aktivitas makan dan minum yang secara tidak sadar dilakukan untuk mengatasi efek lapar tersebut. Melalui tindakan tersebut, secara otomatis tidak hanya rasa lapar tersebut dapat diredakan dan bahkan dapat dihilangkan tetapi juga rasa lemas itu pun dapat dihilangkan.

2.    Sebagai gambaran umum, konsep ego adalah konsep yang mewakili logika dan yang dihubungkan dengan prinsip-prinsip realitas. Kalau Id tadi diterangkan sebagai sumber dari ketidaksadaran manusia, maka Ego menunjukkan sebaliknya ialah sumber rasa sadar. 
Bertitik tolak pada konsep diatas, maka contoh kepribadian yang saya lakukan dalam hubungannya dalam konsepsi ego ialah memutuskan pembelian yang paling efektif  ketika rasa lapar terjadi. Yang mana ketika rasa lapar terjadi, pada tahap sebelumnya tentunya telah dilakukan proses berpikir untuk melakukan tindakan  yang tepat dalam   komunikasi dengan pihak yang dianggap paling tepat baik melalui komunikasi langsung  maupun komunikasi tidak langsung. Melalui komunikasi ini tentunya, diharapkan akan memperoleh informasi yang tentunya dapat memberikan keyakinan saya untuk melakukan proses aktivitas selanjutnya. Misalnya bila dinilai lebih baik melakukan akativitas pembelian karena dirasa lebih efisien, maka dilakukanlah aktivitas pembelian itu, sebagai respon untuk menanggulangi rasa lapar tersebut. Sehingga rasa lega akan tumbuh sebagai implikasi dari kebutuhan yang telah dipenuhi.

3.    Super ego sebenarnya adalah kekuatan moral dari personalitas. Ia adalah sumber norma atau standar yang tidak sadar yang menilai dari semua aktivitas ego.  Super ego menetapkan norma yang memungkinkan Ego memutuskan apakah sesuatu itu benar atau salah. Super ego membantu seseorang dengan menolong Ego melawan impulsaya Id.
Bertitik tolak pada konsep diatas, maka contoh kepribadian yang saya alami dalam hubungannya dalam konsepsi super ego adalah lahirnya sebuah keyakinan karena aktivitas yang dilakukan  sudah dirasa etis dan benar dan dapat diterima oleh maysarakat dalam  permasalahan ketika terjadi rasa lapar disuatu tempat dan memilih aktivitas pembelian sebagai alternatif yang terbaik.

Ilustrasi
Contoh konsepsi Id, Ego, dan Super ego






Simpulan
Dalam hubungannya pada aktivitas untuk menanggapi suatu permasalahan ada kita tidak bisa terlepas dengan 3 konsep yang diajukan oleh  Sigmund Freud dengan teori psikoanalitiknya seperti konsepsi id, ego, dan super ego. Yang mana konsepsi id menerangkan kecepatan respon yang secara tidak sadar dilakukan oleh karena munculnya suatu permasalahan tertentu, Konsepsi ego harus diikuti proses pemikiran terlebih dahulu sebelum bertindak, dan konsepsi super ego menyiratkan kita akan pentingnya harmonisasi antara tindakan yang dilakukan dengan norma atau kebiasaan yang ada.

2 komentar:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  2. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus