Rabu, 06 November 2013

PENGARUH JUMLAH KREDIT DAN JUMLAH NASABAH TERHADAP LABA BANK (STUDI KASUS BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) UNIT SETIABUDI-SINGARAJA TAHUN 2006-2010).



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Bagi bank umum, kredit merupakan sumber utama penghasilan, sekaligus sumber resiko operasi bisnis terbesar. Sebagian besar dana operasional bank umum diputarkan dalam bentuk kredit. Oleh karena tujuan utama didirikannya suatu bank adalah untuk pencapaian profitabilitas yang maksimal, maka perlu dilakukan pengelolaan perbankan secara profesional terutama dalam sektor perkreditannya. Dengan dilakukannya pengelolaan kredit secara professional diharapkan dapat meningkatkan likuiditas dan profitabilitas bank, karena tingkat likuiditas dan profitabilitas yang tinggi menunjukkan kinerja perbankan yang tinggi pula.
Profitabilitas utama bank merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh bank untuk menjaga kontinyuitas usaha. Seiring dengan banyaknya pesaing dalam dunia perbankan, manajemen perbankan dituntut harus terus berinovasi agar dapat menjaga kontinyuitas usaha bank. Salah satu caranya yaitu melalui penyaluran kredit kepada orang-orang yang membutuhkan dana. Menurut Wild, Subramanyam, dan Halsey, dalam (Agus Ardiana dan Kartini Eka Sari,  2010:3) menyatakan, apabila proporsi aset terbesar adalah piutang dari penyaluran kredit, maka piutang dari penyaluran kredit (kategori lancar atau performingloans) akan meningkatkan pendapatan yang diterima entitas karena performing loans ini merupakan income-generating asset dalam bentuk pendapatan bunga. dan pemberian kualitas jasa yang baik sebagai sarana menarik nasabah baru atau meningkatkan jumlah nasabah.
Semakin banyak bank menyalurkan kredit ini maka semakin banyak pendapatan bunga yang akan diperoleh. Ketika pendapatan yang diterima meningkat yang nantinya dapat mempengaruhi jumlah laba, baik deviden dan laba ditahan. Hal ini tentu saja meningkatkan pertumbuhan modal dan akhirnya dapat meningkatkan sumber dana untuk menyalurkan kreditnya. Begitu juga dengan nasabah, semakin banyak jumlah nasabah yang dimiliki bank, semakin banyak pula  pendapatan yang akan diperoleh dari biaya administrasi yang dikeluarkan oleh bank selama per-bulan. Sehingga meningkatnya pendapatan dari biaya administrasi ini akan dapat memberikan  dapak terhadap pertumbuhan laba Bank.


Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit Setiabudi-Singaraja merupakan Bank pemerintah daerah kabupaten Buleleng telah dipercaya oleh masyarakat untuk menyimpan dananya dalam berbagai macam produk tabungan,  kredit, dan  jasa lain yang ditawarkan dengan tingkat suku bunga yang relatif bersaing dengan bank-bank lainnya. Berdasarkan studi pendahuluan peneliti, ditemukan bahwa terjadi peningkatan jumlah kredit dan peningkatan jumlah pada tahun 2010 dari tahun sebelumnya, tetapi malah diikuti dengan penurunan laba bank tahun 2010 pada BRI unit Setiabudi-Singaraja. Fenomena tersebut jelas tidak sesuai dengan teori laba yang dibuat oleh Ismail (2010) menyatakan bahwa jumlah kredit dan jumlah nasabah merupakan pendapatan bagi bank untuk memperoleh laba.
Berdasarkan kepincangan teori dan kenyataan tersebut,  maka penulis mengambil judul PENGARUH JUMLAH KREDIT DAN JUMLAH NASABAH TERHADAP LABA BANK (STUDI KASUS BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) UNIT SETIABUDI-SINGARAJA TAHUN 2006-2010).

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka permasalahan yang akan dibahas  dalam penelitian ini adalah:
1.      Apakah terdapat pengaruh antara jumlah kredit terhadap laba bank BRI unit Setiabudi-Singaraja?
2.      Apakah terdapat pengaruh antara jumlah nasabah terhadap laba bank BRI unit Setiabudi-Singaraja?

1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebagai berikut :
1.      Pengaruh antara jumlah kredit terhadap laba bank BRI unit Setiabudi-Singaraja.
2.      Pengaruh antara jumlah nasabah terhadap laba bank BRI unit Setiabudi-Singaraja.

1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian adalah sebagai berikut:            
1.      Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan laba  bank yang berguna untuk meningkatkan dan menjaga kontinyuitas bank. Hasil penelitian ini pula diharapkan dapat dijadikan acuan untuk lebih berhati-hati dalam memilih bank.
3.   Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan digunakan sebagai masukan dalam pengembangan mengenai kualitas perbankan dalam upaya meningkatkan laba bank dan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya.


 
BAB II
KAJIAN TEORI


2.1. Landasan Teori
2.1.1. Pengertian Bank
Menurut UU Nomor. 7 Tahun 1992 tentang perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor. 10 Tahun 1998, pengertian bank adalah sebagai berikut (Yohanes Yuni Eko Nugroho, 2010:10) :
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat”.
 Pengertian diatas memiliki kandungan filosofi yang tinggi. Pengertian yang lebih teknis dapat ditemukan pada Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 792 Tahun 1990. Pengertian bank menurut PSAK Nomor 31 dalam Yohanes Yuni Eko Nugroho (2010:10) adalah
“Bank adalah suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang memerlukan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran”.
Sedangkan berdasarkan SK Menteri Keuangan RI No. 792 Tahun 1990 dalam Yohanes Yuni Eko Nugroho (2010:10), pengertian bank adalah
“Bank merupakan suatu badan yang kegiatannya dibidang keuangan melakukan penghimpunan dana dan penyaluran dana kepada masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan”.
Berdasarkan definisi-definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dan menyalurkan dana dari dan kepada masyarakat yang memiliki fungsi memperlancar lalu lintas pembayaran. Dengan kata lain bank adalah suatu lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit serta jasa-jasa keuangan dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

2.1.2        Kredit
2.1.2.1 Pengertian Kredit
Dalam pengertian sederharna kredit merupakan penyaluran dana dari pihak pemilik dana kepada pihak yang memerlukan dana. Penyaluran dana tersebut didasarkan pada kepercayaan yang diberikan oleh pemilik dana kepada pengguna dana. Dalam bahasa latin, kredit berasal dari kata “credere” yang artinya percaya. Artinya pihak yang memberikan kredit percaya kepada pihak yang menerima kredit, bahwakredit yang diberikan pasti akan terbayar. Dilain pihak, penerima kredit  mendapat kepercayaan dari pihak yang memberikan pinjaman, sehingga pihak peminjam berkewajiban untuk mengembalikan kredit yang telah diterimanya.
Beberapa ahli menerjemahkan kredit sebagai berikut (dalam Ismail, 2011:93):
a.       Kredit itu adalah suatu pemberian prestasi yang balas prestasinya (kontra prestasi) akan terjadi pada suatu waktu dihari yang akan dating (Drs. Amir Rajab Batubara).
b.      In a general sense credit is based on confidence in the Debtors ability to make a money payment at some future time” (Rollin G. Thomas) Apabila kita definisikan secara bebas, kredit dalam pengertian umum  merupakan kepercayaan atas kemampuan  pihak debitur (penerima kredit) untuk membayar sejumlah uang pada masa yang akan datang.
c.       Dalam undang-undang perbankan No. 1 Tahun 1998, kredit adalah penyedia uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetyujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.



2.1.2.2 Fungsi Kredit
Pada dasarnya fungsi kredit adalah merupakan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya untuk meningkatkan usahanya. Masyarakt disini merupakan individu, pengusaha, lembaga, dan badan usaha yang membutuhkan dana. Kredit berfungsi membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui penyalura dana yang diberikan oleh bank (Ismail, 2011:96).
Hal lain yang dijabarkan oleh Ismail (2011) mengenai fungsi kredit adalah sebagai berikut:
1.      Kredit dapat meningkatkan arus tukar menukar barang dan jasa
Kredit dapat meningkatkan arus tukar barang, hal ini seandainya belum tersedia uang sebagai alat pembayaran, maka kredit akan membantu melancarkan lalu lintas pertukaran barang dan jasa.
2.      Kredit merupakan alat yang dipakai untuk memanfaatkan idle fund
Di dalam kehidupan ekonomi, ada beberapa pihak yang kelebihan dana dan ada beberapa pihak yang kekurangan dana. Kredit merupakan salah satu cara untuk mengatasi gap tersebut.Satu pihak kelebihan dana dan tidak dapat memanfaatkan dananya tersebut sehingga dananya menjadi idle, sementara ada pihak lain yang mempunyai usaha tetapi tidak memiliki dana yang cukup untuk mengembangkan usahanya, sehingga memerlukan dana.  Dana yang berasal dari golongan yang kelebihan dana, apabila dipinjamkan kepada pihak yang kekurangan dana, maka akan efektif, karena dana tersebut dimanfaatkan oleh pihak yang membutuhkan dana tersebut.
3.      Kredit dapat meningkatkan alat pembayaran yang baru
Sebagai contoh kredit rekening Koran yang diberikan oleh bank kepada usahawan. Pada dasarnya pada saat bank telah melakukan perjanjian kredit rekening Koran, pada saat itu debitur sudah memiliki hak untuk menarik dana tersebut secara tunai dari rekening gironya. Kredit ini dianggap sebagai alat pembayaran baru.
4.      Kredit sebagai alat pengendali harga
Pemberian kreidt yang ekspansif akan mendorong meningkatnya jumlah uang yang beredar, dan peningkatan uang tersebut akan mendorong kenaikan harga. Sebaliknya, pembatasan kredit, akan berpengaruh pada jumlah uang yang beredar, dan keterbatasan uang yang beredar di masyarakat memiliki dampak pada penurunan harga
5.      Kredit dapat mengaktifkan dan meningkatkan manfaat ekonomi yang ada.
Apabila bank memberikan kredit produktif, yaitu kredit modal kerja atau investasi, maka pemberian kredit tersebut akan memiliki dampak pada kenaikan makroekonomi. Hal ini, disebabkan karena pihak pengusaha akan memproduksi barang, mengolah bahan baku menjadi barang jadi, meningkatnya volume perdagangan, dan lain-lain. Semua itu akan mempunyai dampak pada kenaikan potensi ekonomi.

2.1.2.3              Manfaat Kredit
Menurut Ismail (2011:97), manfaat kredit dapat digolongkan sebagai berikut:
1.      Manfaat Kredit bagi Bank
a.       Kredit yang diberikan bank kepada nasabah akan mendapatkan balas jasa berupa bunga.
b.      Pendapatan bunga bank akan berpengaruh pada peningkatan profitabilitas bank. Hal ini dapat tercermin pada perolehan laba.
c.       Pemberian kredit kepada nasabah secara sinergi akan memasarkan produk lain seperti produk dana dan jasa.
d.      Kegiatan kredit dapat mendorong peningkatan kemampuan pegawai untuk lebih memahami secara perinci aktivitas usaha para ebitur di berbagai sector usaha. Dengan demikian para pegawai menjadi terlatih dan mempunyai keahlian dalam beberapa usaha nasabah. Hal itu merupakan asset bagi bank.
2.      Manfaat Kredit bagi Debitur
a.       Meningkatkan usaha nasabah
b.      Biaya kredit bank (provisi dan administrasi) pada umumnya murah.
c.       Bank menawarkan berbagai jenis kredit sehingga debitur dapat memilih jenis kredit sesuai dengan tujuan penggunaannya.
d.      Bank juga memberikan fasilitas lainnya kepada debitur sehingga debitur dapat menikmati fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh bank.
e.       Jangka waktu kredit disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan debitur dalam membayar kembali kredit tersebut, sehingga debitur dapat mengestimasi keuangannya dengan tepat.
3.      Manfaat kredit bagi pemerintah:
a.       Kredit digunakan sebagai alat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
b.      Kredit dapat digunakan sebagai alat pengendali moneter.
c.       Kredit dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
d.      Secara tidak langsung kredit bank dapat meningkatkan pendapatan Negara, yaitu pendapatn pajak.

2.1.3 Nasabah
Nasabah merupakan salah satu unsur  terpenting dalam kelangsungan dunia perbankan. Nasabah adalah orang yang sangat berhubungan dengan Bank yang berperan sebagai peminjam dan penabung dalam suatu Bank tersebut, Vera Wati Onsi (2008).
Nasabah sangat berperan dalam suatu Bank karena nasabah membutuhkan jasa Bank seperti halnya: tabungan, kredit, deposito, ataupun jasa-jasa lainnya. Begitu juga Bank sangat memerlukan peran seorang nasabah dalam rangka menjaga  kontinyuitas usaha (dapat terus beroperasi, berkembang, menikmati laba dan panjang umur).
Meningkatnya jumlah nasabah  memberikan andil yang cukup besar pada pertumbuhan laba bank. Semakin besar jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank, maka semakin besar pula kesempatan untuk memperbesar laba bank. Hal itu dikarenakan nasabah merupakan aktor penting dalam menjaga kelangsungan usaha perbankan dalam mencari keuntungan. Sehingga tanpa adanya nasabah usaha bank dalam melayani dan mencari keuntungan, tidak akan bisa terlaksana sesuai dengan yang harapkan.

2.1.4 Laba
2.1.4.1 Pengertian Laba
Setiap perusahaan atau badan usaha pada umumnya menginginkan laba yang optimal, karena dengan adanya laba kelangsungan perusahaan akan dapat dipertahankan. Laba merupakan selisih lebih pendapatan dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut, yang biasanya dinyatakan dalam satuan uang. Keberhasilan suatu perusahaan tidak terkecuali bank dapat dilihat pada tingkat laba yang diperoleh perusahaan itu sendiri dan laba merupakan factor penentu bagi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri (Berliana Magdalena, 2008).
Mengenai pengertian laba itu sendiri, banyak orang yang memberikan pendapat berbeda, untuk lebih jelasnya penulis mengutip beberapa pengertian  laba menurut para ahli ekonomi, dalam Berliana Magdalena (2008). Laba adalah selisih lebih pendapatan atas beban sehubungan dengan kegiatan usaha (Soemarso, 2005:230). Gain (laba) merupakan  favorable (asset yang diterima) yang tidak langsung berhubungan dengan kegiatan usaha yang formal (Tuanakotta, 2002:176).
Dari beberapa pengertian laba diatas dapat disimpulkan bahwa laba merupakan selisih positif  dari pengurangan pendapatan diterima dengan biaya-biaya yang dikeluarkan yang layak diterima oleh perusahaan, karena perusahaan yang bersangkutan telah melakukan pengorbanan untuk pihak lain.



2.1.4.2 Jenis-jenis laba
Menurut Tuanakotta, dalam (Berliana Magdalena, 2008) jenis-jenis laba dalam hubungannya dengan perhitungan laba ada 3, yaitu:
a.       Laba kotor
Laba kotor adalah perbedaan antara pendapatan bersih dan penjualan dengan harga pokok penjualan.
b.      Laba dari operasi
Yaitu selisih antara laba kotor dengan total beban operasi
c.       Laba bersih
Laba bersih yaitu angka terakhir dalam perhitungan laba rugi  dimana untuk mencarinya laba operasi ditambah pendapatan lain-lain dikurangi beban lain-lain.

2.1.4.3 Kegunaan Laba
Laba merupakan indikasi kesuksesan suatu badan usaha, oleh karena itu memperoleh laba merupakan suatu tujuan utama dari setiap perusahaan. Oleh karena itu, informasi mengenai laba perusahaan merupakan informasi yang sangat penting bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan. Menurut Harahap, dalam (Berliana Magdalena, 2008) laba mempunyai peran yang sangat penting antara lain:
1)      Laba digunakan sebagai perhitungan pajak.
2)      Laba digunakan sebagai dasar perhitungan pembayaran deviden kepada pemegang saham.
3)      Laba dijadikan dasar dalam menentukan kebijakan investasi dan pengambilan keputusan.
4)      Laba dijadikan dasar  dalam peramalan laba maupun kejadian ekonomi perusahaan lainnya.
5)      Laba dijadikan dasar dalam perhotungan dan penilaian efisiensi.
Laba merupakan tujuan dengan alasan sebagai berikut :
a.       Dengan laba yang cukup dapat dibagi keuntungan kepada pemegang saham sebagian dari laba disisihkan sebagai cadangan. Sudah barang tentu bertambahnya cadangan akan menaikan kredibilitas (tingkat kepercayaan) bank tersebut dimata masyarakat.
b.      Laba merupakan penilaian keterampilan pimpinan. Pimpinan bank yang cakap dan terampil umumnya dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar dari pada pimpinan yang kurang cakap.
c.       Meningkatkan daya tarik bagi pemilik modal (investor) untuk menanamkan modalnya dengan membeli saham yang dikeluarkan atau ditetapkan oleh bank. Pada gilirannya bank akan mempunyai kekuatan modal untuk memperluas penawaran produk dan jasanya kepada masyarakat (Yohanes Yuni Eko Nugroho, 2010:12).

 2.2 Penelitian Terdahulu
Menurut Berliana Magdalena (2008) yang meneliti mengenai Pengaruh jumlah kredit yang disalurkan terhadap laba PT. Bank rakyat indonesia (Persero), tbk. Unit Sumber Nongko Medan menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah pemberian kredit terhadap perolehan laba. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,534 atau sebesar 53,4%, sedangkan sisanya sebesar 46,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Menurut, Datu Asmira Suri (2007), penelitian mengenai  Pengaruh penyaluran kredit terhadap modal bank ( studi kasus Bank Permata cabang Malang tahun 2002:1 – 2005:4), menunjukan bahwa penyaluran kredit dapat mempengaruhi perkembangan modal karena hasil dari penyaluran kredit bank memperoleh pendapatan bunga yang cukup tinggi. Sehingga hal ini dapat meningkatkan laba dan akhirnya modal.
Menurut  Suliyanto (2005), penelitian mengenai  pengaruh jumlah kredit, jumlah nasabah dan tingkat bunga terhadap Laba bank menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah pemberian kredit terhadap perolehan laba karena tx1 5,070578 > t tabel 1,740, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah nasabah terhadap perolehan laba karena tx2 2,079836 > t table 1,740 dan tidak ada pengaruh bunga terhadap laba karena tx3 0,504463 <  t table 1,740.
Menurut Juni Arnita (2011) yang meneliti mengenai Pengaruh jumlah kredit yang disalurkan terhadap laba PT. Bank rakyat indonesia (Persero), tbk. Unit tanjung tiram - Kisaran menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah pemberian kredit terhadap perolehan laba. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,658 atau sebesar 65,8%, sedangkan sisanya sebesar 34,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

2.4 Hipotesis Penelitian
2.4.1 Hubungan Jumlah Kredit dan Jumlah Nasabah Terhadap Laba Bank
Dalam undang-undang perbankan No. 1 Tahun 1998 (dalam Ismail, 2011:93), kredit adalah penyedia uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.
Sedangkan nasabah merupakan orang yang sangat berhubungan dengan Bank yang berperan sebagai peminjam dan penabung dalam suatu Bank tersebut, Vera Wati Onsi (2008).
Menurut, Datu Asmira Suri (2007), penelitian mengenai  Pengaruh penyaluran kredit terhadap modal bank ( studi kasus Bank Permata cabang Malang tahun 2002:1 – 2005:4), menunjukan bahwa penyaluran kredit dapat mempengaruhi perkembangan modal karena hasil dari penyaluran kredit bank memperoleh pendapatan bunga yang cukup tinggi. Sehingga hal ini dapat meningkatkan laba dan akhirnya modal. Meningkatnya laba juga tidak terlepas dari jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank. Artinya, semakin tinggi jumlah kredit yang dikeluarkan oleh bank, dan semakin banyak jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank, maka pertumbuhan  laba bank juga akan semakin meningkat.

H1 : Ada pengaruh jumlah kredit dan jumlah nasabah terhadap laba bank


2.4.2 Hubungan Jumlah Kredit Terhadap Laba Bank
Jumlah kredit merupakan factor yang utama dalam peningkatan pertumbuhan laba bank. Hal itu dikarenakan, kredit merupakan sumber utama penghasilan, sekaligus sumber resiko operasi bisnis terbesar..
Menurut Juni Arnita (2011) yang meneliti mengenai Pengaruh jumlah kredit yang disalurkan terhadap laba PT. Bank rakyat indonesia (Persero), tbk. Unit tanjung tiram - Kisaran menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah pemberian kredit terhadap perolehan laba. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,658 atau sebesar 65,8%, sedangkan sisanya sebesar 34,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Artinya, jumlah kredit disini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bank, semakin tinggi jumlah kredit yang dikeluarkan oleh bank, maka pertumbuhan  laba bank juga akan semakin meningkat.

H2 : Ada pengaruh jumlah kredit terhadap laba bank

2.4.3 Hubungan Jumlah Nasabah Terhadap Laba Bank
Bagi sebuah bank nasabah sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup dan aktivitas sebuah bank. Hal itu dikarenakan, nasabah merupakan orang yang sangat berhubungan dengan Bank yang berperan sebagai peminjam, penabung maupun jasa-jasa perbankan lainnya dalam suatu Bank tertentu.
Menurut  Suliyanto (2005), penelitian mengenai  pengaruh jumlah kredit, jumlah nasabah dan tingkat bunga terhadap Laba bank menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah pemberian kredit terhadap perolehan laba karena tx1 5,070578 > t tabel 1,740, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara jumlah nasabah terhadap perolehan laba karena tx2 2,079836 > t table 1,740 dan tidak ada pengaruh bunga terhadap laba karena tx3 0,504463 <  t table 1,740.
Artinya, jumlah nasabah disini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bank, semakin tinggi jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank, maka pertumbuhan  laba bank juga akan semakin meningkat.


11 komentar:

  1. DAFTAR PUSTAKA

    Agus Ardiana dan Kartini Eka Sari. 2010. Pengaruh Variabel Aset Lancar, Debt To Total Assets, Umur, Dan Jumlah Anggota Terhadap Rentabilitas Ekonomi Di Koperasi Simpan Pinjam Dan Koperasi Kredit Di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng: Sebuah Pemodelan Ekonometrika. Denpasar: Universitas Udayana


    Arnita, Juni. 2011. Pengaruh jumlah kredit yang disalurkan terhadap laba PT. Bank rakyat indonesia (Persero), tbk. Unit tanjung tiram - Kisaran. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara

    Bagus Laksono. 2006. Analisis Pengaruh Return On Asset, Sales Growth, Asset Growth, Cash Flow Dan Likuiditas Terhadap Dividend Payout Ratio (Perbandingan Pada Perusahaan Multi National Company (MNC) dan Domestic Corporation Yang Listed di Bursa Efek Jakarta Periode 2002-2004). Semarang: Universitas Diponegoro


    Beliana Magdalena. 2008. Pengaruh jumlah kredit yang disalurkan terhadap laba PT. Bank rakyat indonesia (Persero), tbk. Unit Sumber Nongko Medan. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara


    Dadang Sunyoto.2011. Pengaruh Tingkat Suku Bunga Terhadap Total Penerimaan Dana Tabungan Pada PD. BPR. Bank Sleman, Yogyakarta dalam Praktik SPSS untuk kasus. Yogyakarta: Nuha Media


    Ismail. 2011. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta: Kencana Prebeda Media Group


    Sastro Herbeth Simamora. Analisis Kinerja Laporan Keuangan Perusahaan Untuk Keputusan Dalam Pemberian Kredit Modal Kerja.Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma


    Vera Wati Onsi. 2008. Lembaga Keuangan Syari’ah Hubungan Bank Sayari’ah Dengan Nasabah Melalui Akad-Akad Syari’ah Yang Diterapkan. Palembang: Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah

    Yohanes Yuni Eko Nugroho.2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Suku Bunga Deposito Berjangka Pada Bank Mum Di Indonesia Tahun 2006-2008. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro

    BalasHapus
  2. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di http://fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    BalasHapus
  3. bos pengertian kredit briguna menurut para ahli?

    BalasHapus
  4. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda?
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    BalasHapus
  5. Mungkin nama Tuhan dipuji
    saudara-saudara saya, tuan menjawab doa-doa saya juga akan menjawab Anda, bagi mereka yang mengatakan bahwa tidak ada perusahaan pinjaman yang sah di internet, semua pembohong. Saya ingin Anda tahu bahwa masih ada pemberi pinjaman kredit yang baik dan nyata, dan ada satu yang digunakan oleh Tuhan untuk menjawab doa-doa saya.

    Saya telah menjadi korban penipuan internet dan saya ditipu dari approximatly 83 juta sampai saya bertemu dengan seorang teman yang bercerita tentang salah satu pemberi pinjaman benar, pada awalnya saya meragukan dia karena pengalaman masa lalu saya, saya takut, tapi teman-teman saya mengatakan kepada saya untuk tidak takAut bahwa ia adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam masalah keuangan saya, saya mengambil keberanian untuk mencoba, kemudian saya diberitahu untuk membayar persetujuan kredit dan saya mengatakan kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada perusahaan dan teman-teman saya mendorong saya tidak takut, II mengikuti instruksi dan melakukan pembayaran, tapi yang terbesar mengejutkan saya setelah membayar biaya aku pinjaman saya dalam waktu kurang dari 2 jam.

    Hari ini adalah orang yang sangat bahagia karena Jennifer Brown Pinjaman Perusahaan membuat saya siapa saya, maka alasan untuk kesaksian ini. Ibu Jennifer Brown yang tepat dan pemberi pinjaman kredit terbaik di internet dan saya juga ingin memberitahu rekan saya saudara-saudara Indonesia untuk berhati-hati sehingga Anda tidak akan menjadi korban pinjaman perusahaan penipuan lebih.

    Catatan: jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman di internet hanya yakin saya dapat meyakinkan Anda kontak adalah Jennifer Brown dan aku memberikan jaminan penuh bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dari perusahaan melalui emailnya: jenniferbrownloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: sitiaryati075@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  6. halo
    Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! MARGARET PEDRO KREDIT PERUSAHAAN memberikan fasilitas pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami hari ini melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang dan tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  7. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  8. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  9. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  10. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  11. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus