Jumat, 16 Agustus 2013

PROSES TRANFORMASI PERUSAHAAN ABON NANGKA



 
I. INPUT:
1.1 MAN DAN MONEY
Unit bisnis yang akan didirikan adalah milik bersama. Adapun keuntungan  dari unit yang kami pilih  adalah :
1.      Mudah mendirikannya
2.      Pengelola bebas mengelola sendiri
3.      Tidak banyak mengikuti ketentuan hukum (aturan)
4.      Pajak yang relatif ringan
5.      Rahasia perusahaan terjamin
6.      Biaya organisasi lebih murah karena sumber daya yang relatif murah
Sumber dananya diperoleh dari iuran anggota perusahaan sebesar 100.000/rutinitas per minggu. Dan modal awal 3.000.000


®  Organisasi
 

® Tim Manajemen
1.      Manajemen personalia (1 orang)
2.      Manajemen produksi (3 orang)
3.      Manajemen pemasaran (1 orang)
4.      Manajemen keuangan (1 orang)


1.2  MATERIAL
Bahan :
• nangka muda (tewel) 3 kg, kupas dan cuci bersih
• ayam potong 500 gram
• air 2 liter minyak goreng 750 ml

Bumbu Halus :
• bawang merah 6 butir
• bawang putih 3 siung
• kemiri 4 butir
• kunyit 2 cm, bakar
• ketumbar ½ sendok the
• jintan ¼ sendok the
• gula pasir secukupnya
• garam secukupnya

1.3 METHODE (PROSES)
1. didihkan air. Masukkan nangka muda, masak higga lunak. Angkat dan peras
2. rebus ayam hingga matang, angkat dan haluskan. Jangan buang air perebusnya
3. tumbuk nangka muda tapi jangan terlalu halus, atau suwar-suwir
4. campur nangka muda dan ayam, aduk rata dan sisihkan
5. panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum
6. masukkan campuran nangka muda dan air rebusan udang. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga kering
7. panaskan minyak, goreng adonan nangka muda hingga kering. Angkat dan tiriskan
8. pres atau peras hingga minyaknya tiris. Pisahkan abon dengan garpu agar tidak menggumpal. Kemas.

1.4 INFORMASI
a.       Aspek pemasaran, meliputi:
®  Produk yang akan di pasarkan berupa “Abon Nangka”
®  Harga yang di pasarkan dimulai dari Rp 3.500/kotak sampai Rp 12. 000/kotak
®  Segmentasi pasar
Segmentasi pasar di identifikasi oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa
®  Target pasar
Kami menargetkan konsumen yang datang membeli produk kami maksimal 30 orang per hari
®  Masa hidup produk
Masa hidup produk kami cukup lama. Sekitar 2 mingguan, untuk itu kami bisa memproduksi dalam jumlah yang cukup banyak.
®  Struktur pasar
Struktur pasar yang kami gunakan adalah pasar persaingan sempurna
®  Persaingan dan strategi pesaing
Dalam persaingan dengan kompetitor kami menawarkan produk yang lebih murah dari pesaing, karena produk kami baru maka pesaing terbilang masih sedikit

Adapun strategi promosi yang akan kami lakukan masih sangat sederhana yaitu dengan perantara dari mulut ke mulut.

b.      Aspek teknik produksi/ operasi, meliputi :
®  Lokasi opererasi
Lokasi yang kami pilih adalah di dekat pasar di Jl. Diponegoro, karena di sini biasanya banyak konsumen yang mencari berbagai produk. Selain itu kami juga akan menggunakan distribusi marketing sebagai alat untuk memasarkan produk kami, yaitu dengan menitipkan produk kami ke swalayan-swalayan terdekat, salah satunya di Swadaya.
II. PROSES
1. didihkan air. Masukkan nangka muda, masak higga lunak. Angkat dan peras
2. rebus ayam hingga matang, angkat dan haluskan. Jangan buang air perebusnya
3. tumbuk nangka muda tapi jangan terlalu halus, atau suwar-suwir
4. campur nangka muda dan ayam, aduk rata dan sisihkan
5. panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu hlus hingga harum
6. masukkan campuran nangka muda dan air rebusan udang. Masak dengan api kecil smbil diaduk hingga kering
7. panaskan minyak, goreng adonan nangka muda hingga kering. Angkat dan tiriskan
8. pres atau peras hingga minyaknya tiris. Pisahkan abon dengan garpu agar tidak menggumpal. Kemas.

III. OUT PUT
Berupa abon nangka, dengan analisis biaya sbb:
EVALUASI BIAYA AWAL
*      Biaya Mesin dan Peralatan Produksi                                      Rp.  444.000
*      Biaya Bahan Baku x 30 hari                                                   Rp.   585.000
*      Biaya Transportasi (Bensin 4 kendaraan) selama 1bulan        Rp.   600.000
*      Biaya Iklan                                                                              Rp.   871.000+
Jumlah Biaya awal ---------------------------------------------------       Rp.2.500.000

Pengeluaran Per Bulan :
Rp 2.500.000 = Rp. 208.333,33 = Rp. 208.500
         12

Pendapatan Perhari:
*      Abon Rasa Ayam 1/8 kg Rp.  3.500 (20 Buah)= Rp.  70.000
*      Abon Rasa Ayam   ¼ kg Rp.  7.000 (10 Buah)= Rp.  70.000
*      Abon Rasa Ayam   ½ kg Rp.12.000   (5 Buah)= Rp.  60.000+
     Rp. 200.000

Keuntungan per bulan:
    Rp. 200.000 x 30 = Rp. 6.000.000

Laba kotor per bulan         : Rp. 6.000.000
Laba Bersih per bulan       : Rp. 5.791.500

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar