Jumat, 16 Agustus 2013

USAHA PENJUALAN AYAM BROILER



A. LATAR BELAKANG
Bali merupakan pangsa pasar yang menjanjikan untuk komoditi peternakan, khsusnya ayam broiler. Daya tarik tersebut tercipta seiring dengan banyaknya hari raya atau reraihan di Bali. Salah satunya adalah rahina Galungan dan Kuningan.
Pada saat itu, umat hindu akan merayakan upacara yang dilaksanakan enam bulan sekali itu (upakara berdasarkan pawukon). Dalam rahina tersebut selalu menggunakan ayam, baik sebagai sarana upakara maupun konsumsi dengan jumlah yang cukup besar.  Tidak sampai di situ saja, tingginya permintaan pasar akan ayam ini juga dibarengi dengan harga jual yang menjanjikan.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas saya merasa tertarik untuk melakukan kegiatan mengenai “USAHA PENJUALAN AYAM BROILER”.

B. BENTUK USAHA DAN BENTUK KEPEMILIKAN YANG AKAN DIPILIH
Setelah menetukan bidang dan jenis usah yang akan dipilih, langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk kepemilikan usaha. Dalam usaha penjualan ayam broiler ini saya memilih bentuk kepemilikan perorangan karena mudah untuk didirikan, biaya operasinya rendah, bebas dalam pengelolaan, dan memiliki daya rangsang yang tinggi.

C. TEMPAT USAHA YANG AKAN DIPILIH
Selanjutnya kita bisa menentukan lokasi yang tepat untuk penjualan ayam Broiler ini. Adapun tempat yang saya pilih untuk penjualan ayam broiler  ini adalah di Pasar Bertingkat karena Pasar Bertingkat yang teletak di Jalan Ponogoro merupakan pasar terbesar di Singaraja dengan demikian pusat pembelanjaan pada saat penampahan galungan maupun penampahan kuningan  akan tertuju pada tempat ini. Sehingga peluang untuk penjualan ayam broiler ini pun akan tinggi.
Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka “sudah pasti” tujuan yang kita buat yaitu untuk mendapatkan keuntungan akan tercapai dengan baik.
D. STRATEGI PENJUALAN
  1. Menciptakan suasana yang menyenangkan
Langkah-langkah yang digunakan untuk menciptakan suasanana menyenangkan bagi pembeli antara lain sebagai berikut:
a.       Buatlah suasana persahabatan intim
b.      besarkan perasaan hati pembeli/pelanggan agar merasa dirinya itu  adalah orang yang penting.
c.       Tanamkanlah kepercayaaan pada dirinya agar ia mempunyai ilham atau inspirasi.
d.      Berikan jalan untuk mempermudah pembeli untuk menentukan keputusan.
  1. Mengadakan Pendekatan  kepada pembeli
Langkah-langkah yang digunakan untuk untuk mengadakan pendkatan dengan pembeli antara lain sebagai berikut:
a.       Memberi salam
b.      Menunggu sejenak
c.       Pendekatan Dagang
d.      Menaruh Perhatian

E. ANALISIS KEUNTUNGAN:   
Biaya pakan selama 75 hari                                               Rp.    450.000
Biaya pembibitan 120 Ayam                                            Rp. 2.000.000 +
                                                                                          Rp. 2.450.000
Harga jual bersih 120 @ Rp.20.400          Rp. 2.448.000
Laba 15% per ayam Rp. 3.060x 120:        Rp.    367.200+
Harga kotor 120 ayam                                                      Rp. 2.815.200-

Total Keuntungan                                                             Rp   365.200

     





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar