A. LATAR BELAKANG
Bali merupakan pangsa
pasar yang menjanjikan untuk komoditi peternakan, khsusnya ayam broiler. Daya
tarik tersebut tercipta seiring dengan banyaknya hari raya atau reraihan di Bali. Salah satunya adalah rahina Galungan dan Kuningan.
Pada saat itu, umat hindu akan merayakan upacara yang
dilaksanakan enam bulan sekali itu (upakara berdasarkan pawukon). Dalam rahina
tersebut selalu menggunakan ayam, baik sebagai sarana upakara maupun konsumsi
dengan jumlah yang cukup besar. Tidak
sampai di situ saja, tingginya permintaan pasar akan ayam ini juga dibarengi
dengan harga jual yang menjanjikan.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas saya
merasa tertarik untuk melakukan kegiatan mengenai “USAHA PENJUALAN AYAM BROILER”.
B. BENTUK
USAHA DAN BENTUK KEPEMILIKAN YANG AKAN DIPILIH
Setelah menetukan bidang dan jenis usah yang akan
dipilih, langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk kepemilikan usaha. Dalam
usaha penjualan ayam broiler ini saya memilih bentuk kepemilikan perorangan
karena mudah untuk didirikan, biaya operasinya rendah, bebas dalam pengelolaan,
dan memiliki daya rangsang yang tinggi.
C. TEMPAT
USAHA YANG AKAN DIPILIH
Selanjutnya kita bisa menentukan lokasi yang tepat
untuk penjualan ayam Broiler ini. Adapun tempat yang saya pilih untuk penjualan
ayam broiler ini adalah di Pasar
Bertingkat karena Pasar Bertingkat yang teletak di Jalan Ponogoro merupakan
pasar terbesar di Singaraja dengan demikian pusat pembelanjaan pada saat
penampahan galungan maupun penampahan kuningan
akan tertuju pada tempat ini. Sehingga peluang untuk penjualan ayam
broiler ini pun akan tinggi.
Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka “sudah
pasti” tujuan yang kita buat yaitu untuk mendapatkan keuntungan akan tercapai
dengan baik.
D. STRATEGI PENJUALAN
- Menciptakan suasana yang menyenangkan
Langkah-langkah yang digunakan untuk menciptakan
suasanana menyenangkan bagi pembeli antara lain sebagai berikut:
a.
Buatlah suasana persahabatan intim
b.
besarkan perasaan hati pembeli/pelanggan agar merasa
dirinya itu adalah orang yang penting.
c.
Tanamkanlah kepercayaaan pada dirinya agar ia mempunyai
ilham atau inspirasi.
d.
Berikan jalan untuk mempermudah pembeli untuk
menentukan keputusan.
- Mengadakan Pendekatan kepada pembeli
Langkah-langkah yang digunakan untuk untuk mengadakan
pendkatan dengan pembeli antara lain sebagai berikut:
a.
Memberi salam
b.
Menunggu sejenak
c.
Pendekatan Dagang
d.
Menaruh Perhatian
E. ANALISIS KEUNTUNGAN:
Biaya pakan selama 75 hari Rp. 450.000
Biaya pembibitan 120 Ayam Rp. 2.000.000
+
Rp.
2.450.000
Harga jual bersih 120 @ Rp.20.400 Rp.
2.448.000
Laba 15% per ayam Rp. 3.060x 120: Rp. 367.200+
Harga kotor 120 ayam Rp.
2.815.200-
Total Keuntungan Rp 365.200
Saya berminat menjadi reseller Abon Nangka Muda. Bagaimana caranya?
BalasHapus