Jumat, 30 Agustus 2013

ATURAN PENULISAN NASKAH PUBLIKASI

Secara umum, aturan penulisan jurnal publikasi sebagai berikut. 
  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Naskah diketik dengan bentuk dan ukuran  (font) 11 berspasi 1, panjang naskah  maksimum 15  halaman  dan  diketik  pada  kertas berukuran A4. Intisari tidak melebihi 250 kata, spasi 1 (rapat) huruf tebal, dengan disertai 3 – 5 kata kunci.
  2. Judul agar diusahakan cukup informatif, tetapi tidak perlu panjang; jika perlu dapat dipecah menjadi anak judul.
  3. Nama ( nama-nama ) penulis, tanpa gelar dan nama / alamat lembaga tempat penelitian ditulis lengkap dan jelas. Alamat kerja / kantor penulis dicantumkan pada tempat tersendiri.\
  4. Sistematika penulisan :
  • judul, nama penulis, lembaga;
  • intisari dan kata kunci serta abstract dan keywords ( Bahasa Inggris );
  • batang tubuh naskah, yang umumnya terdiri atas : pendahuluan/latar belakang, tinjauan teori, cara penelitian, hasil dan pembahasan;
  • kesimpulan dan saran;
  • daftar pustaka;
  • lampiran ( jika ada )
  1. Tabel dan gambar harus diberi nomor (sesuai dengan urutan pengacuan / penyebutannya dalam  naskah).
  2.  Sitasi kepustakaan ( acuan ) dilakukan dengan sistem; nama penulis utama, tahun ( nomor  halaman, jika dirasa perlu ) langsung ke pustaka yang diacu ( sistem Harvard ).
  3. Daftar pustaka ditulis dalam urutan abjad secara kronologis tanpa nomor urut (sistem Harvard) :
  • Untuk buku : nama pokok dan inisial pengarang, tahun terbit: judul buku, jilid, edisi, nama penerbit, tempat penerbit.
  • Untuk karangan dalam buku: nama pokok dan inisial pengarang, tahun: judul karangan, inisial dan nama editor judul buku, halaman permulaan dan akhir ( karangan ), nama penerbit, tempat penerbit.
  • Untuk karangan dalam naskah / jurnal: nama pokok dan inisial semua penulis (jika jumlah melebihi 4 orang, cukup nama penulis pertama diikutji dengan dkk. atau et al. ), tahun : judul karangan singkatan nama majalah, jilid, nomor serta halaman permulaan danakhir.
  • Untuk karangan dalam pertemuan: nama pokok dan inisial pengarang, tahun: judul karangan, singkatan nama / penyelenggar serta tempat pertemuan.
  1. Pengguna tata-nama ( nomenklatur ), tata-istilah, lambang dan satuan: sedapat mungkin penulis  mengikuti cara penulisan yang baku untuk masingmasing bidang keilmuan ( misalnya Sistem Internasional (SI) untuk lambang / satuan besaran-besaran fisika ).
  2. Ucapan terima kasih, jika diperlukan, supaya ditulis di bagian akhir naskah (setelah kesimpulandan saran, sebleum pustaka) dengan menyebutkan secara lengkap: nama, gelar dan lembaga  penerima ucapan.
  3. Naskah ditulis dalam format MS Office, Open Office atau LaTeX.

Untuk mendonload dalam bentuk PDF silakan kelik disini .


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar