Rabu, 03 April 2013

Liburan Semester Ajang Evaluasi Diri


Setiap akhir semester yang ditandai berakhirnya ujian Akhir Semester (tentamen) setiap intansi, sekolah dan perguruan tinggi pastilah diikuti dengan periode recovery  for study atau di istilahkan liburan semester. Liburan semester dewasa ini, sering dijadikan periodenya untuk bersanatai ria dan bersenang-senang. Dan bahkan banyak kaum yang menggunakan periode ini untuk ajang bermalas-malasan yang sebenarnya cendrung akan berimplikasi negatif bagi perkembangan karakter dan watak seseorang.
Sebagai mahasiswa yang memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan siswa, seharusnya bisa menggambil peluang liburan semester ini sebagai ajang evaluasi dan berbenah. Apalagi nilai yang kita dapatkan semester lalu belumlah terlalu memuaskan bagi kita maupun standar dunia kerja. Adanya tuntutan untuk meningkatkan prestasi, karier, dan  standar kerja minimal IPK 3,00 menjadi alasan bagi kaum mahasiswa atau pelajar untuk terus belajar dan belajar.
Melalui kegaiatan belajar, kaum pelajar tak terkecuali mahasiswa tidak hanya akan dapat meningkatkan pengetahuan intelektualnya tapi juga bisa digunakan sebagai ajang memperbaiki komunikasi. Apalagi dijaman modern ini, komunikasi menjadi prioritas pertama dan  utama dalam kehidupan tak terkecuali dalam dunia pendidikan.
Kegiatan evaluasi diri menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang selama ini terjadi. Melalui kegiatan identifikasi kekurangan yang selama ini terjadi dan mencari solusinya  kegiatan evaluasi diri sudah bisa kita lakukan. Sehingga melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan intelektualnya sebagai dasar untuk berprestasi tetapi juga dapat meningatkan komunikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar