Jumat, 20 September 2013

MANAJEMEN DIRI

Konsepsi manajemen sering diidentikan dengan aplikasi dari setiap fungsi manajemen itu sendiri seperti halnya perencanaan, pengorganisasi, dan pengendalian. Aplikasi dari ketiga fungsi itu diharapkan mampu mengelola  secara efektif dan efisien setiap tujuan yang hendak dicapai baik dalam berorganisasi maupun dalam diri sendiri. Cakupannya yang dinamis dan simple  memberikan keunggulan yang kompetitif sendiri bagi yang menggunakannya tak terkecuali diri sendiri.

Pada dasarnya manajemen diri merupakan seni dari pengendalian diri terhadap pikiran, ucapan, dan perbuatan yang dilakukan, sehingga mendorong pada penghindaran diri terhadap hal-hal yang tidak baik dan peningkatan perbuatan yang baik dan benar.
Manajemen diri juga mengarah pada konsistensi dan keselarasan pikiran, ucapan dan perbuatan sehingga apa yang dipikirkan sama dan sejalan dengan apa yang diucapkan dan diperbuat. Integritas seperti inilah yang diharapkan akan timbul dalam diri para praktisi manajemen diri.  
Sebelum bisa memiliki pikiran-ucapan-perbuatan baik, terlebih dahulu seseorang harus memiliki pemahaman dan pengertian yang benar. Hal tersebuat akan semakin bermanfaat bilamana user dapat melalukan kegiatan tersebut dengan konsisten.


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar