Sabtu, 17 Agustus 2013

SEBUAH KAJIAN MENGENAI PENTINGNYA REKRUTMEN

Pengadaan (procurement)  adalah merupakan fungsi operasional yang  utama dari  MSDM. Pengadaan tenaga-kerja ini merupakan  masalah  yang penting, sulit,  & kompleks karena  untuk  mendapatkan  dan  menempatkan  orang-orang  yang  kompeten,  serasi  serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan mesin. 
Tenaga-kerja  adalah  asset  utama  perusahaan  yang  menjadi  perencana  dan  juga pelaku aktif  dari  setiap aktivitas  dalam organisasi. Mereka mempun yai  pikiran, perasaan, keinginan,  status  dan  latar  belakang  pendidikan,  usia,  jenis  kelamin  yang  heterogen, dibawa  kedalam  organisasi  perusahaan;  bukan  seperti  mesin,  uang,  dan  material  yang sifatnya  pasif  dan  dapat  dikuasai  serta  diatur  sepenuhnya  guna  mendukung  tercapainya tujuan perusahaan. 
Tenaga-kerja  yang  cakap,  mampu,  dan  trampil  belum  menjamin  produktivitas kerja  yang  baik bila  moral  kerja  dan  kedisplinannya rendah.  Mereka baru d apat  dikatakan bermanfaat  serta  mendukung  terwujudn ya  tujuan  perusahaan   bila  mereka  berkeinginan tinggi untuk menciptakan  prestasi.  Dan tenaga-kerja  yang kurang  mampu, tidak cakap,  dan tidak  trampil  akan  mengakibatkan  pekerjaan  tersebut  tidak  dapat  selesai  tepat  pada waktunya.
Kualitas dan  kuantitas para tenaga-kerja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar tujuan dapat tercapai  secara  efektif dan juga  efisien. Penempatan tenaga- kerja  juga  harus  tepat  sesuai  dengan  kemampuan  dan  ketrampilan  yang  dimilikinya. Sehingga  gairah  kerja  dan  kedisplinannya  akan  lebih  baik  dan  efektif  guna  menunjang terwujudnya tujuan organisasi/perusahaan. 
Pengadaan  tenaga-kerja  ini  haruslah  didasarkan  pada  prinsip  apa, barulah kemudian  disusul  dengan  siapa.  Apa  maksudnya  kita  harus  terlebih  dahulu  menetapkan pekerjaan-pekerjaannya berdasarkan uraian  pekerjaan  (job description ).  Sedangkan  siapa maksudnya  adalah  kita  akan  mencari  orang-or ang  yang  tepat  untuk  menjabat  di  posisi tersebut yang didasarkan pada spesifikasi pekerjaan (job specification).
Pengadaan  tenaga-kerja  yang  berdasarkan  pada  siapa  yang  kemudian  barulah disusul  dengan  apa  ini  akan  menimbulkan  mismanajemen  didalam  menempatkannya. Penempatan  tenaga-kerja  yang  jauh  diluar  batas  kemampuannya dan proses rekrutmen yang tidak tepat dan system rekrutmen yang tidak efektif  akan  mengakibatkan tujuan rekrutmen tidak efektif sehingga akan berdampak pada buruknya kinerja perusahaan/organisasi kedepannya.
"Oleh sebab itu, dalam setiap organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk mencari atau merekrut pelamar untuk dikerjakan di posisinya harus mampu mengetahui proses rekrutmen yang baik dan sistem rekrutmen yang efektif agar dapat menemukan dan mendapatkan tenaga kerja yang handal serta berkualitas." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar